Tips Sederhana Mengobati Mata Minus Pada Anak


Kala pertama mengetahui kondisi mata anak kita minus, tentu Anda akan bertanya, mengapa bisa terjadi? Pertanyaan ini wajar muncul karena bapak ibunya tidak berkaca mata, pun demikian saudaranya yang lain. 

Perlu Anda ketahui mata minus pada anak mungkin saja terjadi, walau kondisi fisik dan  kesehatan anak-anak pada umumnya masih prima. Bukan hanya itu saja, organ pada tubuhnya pun masih berkembang serta dalam kondisi yang sangat bagus. 

Sejatinya mata minus bukanlah penyakit yang bisa dialami secara tiba-tiba. Ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab seorang anak dapat mengalami mata minus. Pada kondisi sekarang seiring dengan perkembangan zaman, banyak kegiatan anak yang bisa menyebabkan mata minus, seperti membaca buku dari jarak dekat, bekerja di depan komputer, nonton tv, main game di Hp dan yang sejenisnya.

Seperti ditulis
beritaharianmu.com kegiatan-kegiatan tersebut dapat membuat bola mata menjadi kaku hingga akhirnya tak mampu mengubah daya fokusnya lagi. Jika hal ini terjadi, mata dapat mengalami berbagai macam gangguan.

Salah satu gangguan pada mata adalah menurunnya kemampuan untuk melihat objek dari jarak jauh atau yang sering disebut mata minus. Gangguan mata yang satu ini sudah sangat umum dialami oleh masyarakat modern saat ini. Bahkan anak-anak usia 10 tahun ke bawah pun tidak sedikit yang mengalaminya.

Segera obati jika memang anak Anda termasuk penderita mata minus. Karena bila anak tidak cepat diberi penanganan bisa membuat matanya tidak dapat terangsang untuk melihat, menyebabkan mata malas (lazy eye).

Bagi orang dewasa, gangguan mata minus bisa saja diatasi melalui lasik mata. Tapi, anak-anak tidak bisa melakukannya lantaran pertumbuhan dan perkembangan panjang bola mata masih berlangsung. Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa mengurangi mata minus pada anak usia 5 tahun ke atas dengan cepat dan para orang tua bisa menerapkannya kepada sang anak secara aman.

Cara pertama; Mengompres Mata dengan Air Hangat

Kompres merupakan cara yang nyaman untuk mengatasi mata minus pada anak Anda. Air hangat yang digunakan untuk mengompres mata akan membuat mata anak nyaman dan lebih rileks sehingga bola mata pun tidak kaku dan tegang.

Cara kedua; Istirahatkan Mata Menggunakan Teknik Eye Palming

Teknik eye palming bisa membantu mata anak untuk beristirahat dan juga dapat mengurangi risiko minus mata. Berikut cara melakukan teknik eye palming:
Gosokan kedua telapak tangan hingga terasa sedikit panas
Tutup kedua mata kemudian tempel kedua tangan yang sedikit panas tapi jangan sampai menekan bola mata
Usahakan agar cahaya tidak menerobos melalui celah jari
Lakukan beberapa kali hingga mata terasa lebih nyaman dan rileks.

Cara ketiga; Melihat Objek dari Jarak Jauh dan Berwarna Hijau

Objek berwarna hijau memberi efek positif pada mata, sehingga sebabkan otot bola mata menjadi tidak kaku dan tegang. Lebih seringlah mengajak Anak bermain di taman, pegunungan, pantai dan lainnya yang banyak pepohonan hijau sehingga dapat memberi stimulasi positif pada bola matanya.

Nah itulah 3 Cara Sederhana yang dapat mengobati mata minus anak Anda, tidak sulitkan? Selamat mencoba dan semoga dapat memberi manfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes